Strategi Pembelajaran Reading Guide

EFFMEDIA - membaca

Pembelajaran dilakukan berbasis bacaan. Agar proses membaca ini bisa efektif, maka guru memberikan pedoman (guide) membaca. Pedoman ini berisikan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab siswa berdasarkan isi bacaan, bisa berisi tugas-tugas yang harus dilakukan siswa dalam pembelajaran.

Prosedur:

  1. Berilah siswa teks (bacaan) yang harus mereka pelajari, akan lebih baik bila ditunjukkan halamannya.
  2. Mintalah peserta didik untuk membaca teks (bacaan) secara individual, kemudian membuat resume mengenai topik-topik penting yang ada dalam bacaan tersebut (berbentuk pointers)
  3. Diskusikan topik-topik penting hasil temuan siswa dan nyatakan bahwa ada sejumlah topik itu memang penting namun ada pula yang tidak penting
  4. Selanjutnya guru membagikan memberikan lembaran pedoman belajar dalam memahami teks (bacaan) biasanya berbentuk pertanyaan.
  5. Para siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam lembar pedoman tersebut
  6. Diskusikan jawaban-jawaban siswa tersebut.

Jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, langkah-langkahnya sebagai berikut:

KEGIATAN AWAL

KEGIATAN INTI

Eksplorasi:

  • Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
  • Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru
  • Guru memberikan bacaan kepada siswa

Elaborasi

  • Siswa membaca teks tersebut
  • Guru memberikan panduan membaca
  • Buat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa atau kisi-kisi dalam bentuk form yang harus diisi
  • Siswa mencari kata-kata penting sebagai bahan menjawab pertanyaan dalam panduan

Konfirmasi

  • Klarifikasi dipandu oleh guru
  • Di akhir pembelajaran berikan ulasan secukupnya

KEGIATAN PENUTUP

  • Kesimpulan

Strategi ini dapat digunakan guru ketika menjumpai tema yang perlu pembahasan yang luas dan rinci sehingga guru tidak mungkin dapat menyelesaikan dalam jam pelajaran yang tersedia di kelas. Untuk menyelesaikannya maka harus diselesaikan di luar kelas dengan memberikan tugas kepada siswa untuk membaca sendiri di rumah. Dalam keadaan seperti ini strategi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan penguasaan materi bagi siswa.

.

Penulis: Risali Muftazani

Sumber:

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Kamulyan, Sri Mulyadi dan Risminawati. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Surakarta: PGSD FKIP UMS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s